Thanksgiving

Semenjak hari saya lahir ke dunia ini, saya belum pernah merayakan Thanksgiving (mengingat tanggalnya pun tidak). Memang karena saya tidak tinggal di US/Canada/negara yang merayakan Thanksgiving. Hari ini pun, saya kira post ini akan bertepatan dengan hari Thanksgiving, tapi sayangnya ini sudah melewati tengah malam.)

Saya tidak tahu makna dibalik Thanksgiving. Mengapa harus ada satu hari sebelum perayaan Natal, hanya untuk mengucapkan terimakasih untuk semua yang kita miliki? Bukankah kita sudah sering berterimakasih pada Tuhan setiap harinya? (meskipun hanya melalui celetukan “Alhamdullilah”/”Puji Tuhan”)

Kemarin, secara bercanda teman saya mengejek saya “ungrateful bit*h“. Yeah, saya tahu itu hanya bercanda (lagipula disampaikan dari seorang teman yang memang agak ‘lain’), tapi kemudian perkataan itu membuat saya sadar bahwa diri saya memang seorang “ungrateful bit*h“.

Saya sering mengeluh ketika tugas kuliah saya banyak, bukannya bersyukur bahwa saya diberi kesempatan untuk kuliah.

Saya sering mengeluh ketika disuruh menjaga keponakan, bukannya bersyukur punya keponakan yang lucu dan sehat.

Saya sering iri melihat teman saya bisa ini-itu dengan uang orang tuanya, bukannya bersyukur sudah dididik dengan baik agar tidak menghamburkan uang.

Saya sering kesal dengan pemikiran orang serumah yang berbeda, bukannya bersyukur punya keluarga yang masih utuh.

Saya sering menyalahkan keadaan untuk masa lalu saya, bukannya bersyukur bahwa keadaan saya sekarang jauh lebih baik.

Masih banyak hal yang seharusnya saya syukuri, banyak hal yang harus saya perbaiki. Mungkin dua tiga hari lagi saya akan melupakan hal ini, dan kembali menjadi ungrateful bit*h. Tetapi saya yakin, saat ini saya sudah punya pengertian sendiri tentang Thanksgiving.

Leave a Reply

